Tips Mengembalikan File yang Dihidden Oleh Virus


Tips Mengembalikan File yang Dihidden Oleh Virus | Pernahkah anda mengalami file anda tiba-tiba hilang tanpa pernah anda merasa menghapusnya? Jangan panik dulu mungkin ini ulah virus, file tersebut sebenarnya tidak hilang hanya saja file tersebut dihidden oleh virus tanpa alasan yang jelas. Anda bisa saja menampilkanya lewat control panel, dengan memilih :

Tool -> Folder option -> View -> Show hidden files, folder on drive -> Hilangkan juga centang pada -> Hide protect operating system, Ok.
Tetapi dengan cara diatas, file akan kehidden lagi ketika pengaturan folder option dikembalikan secaradefault karena file tersebut dihidden secara permanen oleh virus. Berikut cara mudah mengembalikan file yang dihidden oleh virus hanya dengan bantuan command promt dan sedikit koding yang diperlukan.

Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut: 

1. Klik Start - all programs - Accesories - Command prompt

2. Start - Run atau bisa dengan menekan tombol win + R dan ketikkan cmd, lalu tekan enter maka akan terbuka console seperti di bawah ini


 

3. 
Setelah console seperti di atas terbuka pilih drive tempat di mana folder atau file yang akan diunhidden, misalnya Drive flashdisk anda adalah drive H, maka ketikkan H: kemudian tekan enter maka drive H otomatis akan terbuka pada command prompt seperti pada gambar di bawah ini

 

4. Setelah drive yang anda tuju terbuka maka saatnya untuk mengetikkan perintah untuk membuka kembali file yang di hidden oleh virus dengan mengetikkan. -->
H:\> attrib -s -h -r *.* /s /d lalu tekan enter,
  

Tunggu beberapa saat sampai proses pengembalian file complete, maka dengan demikian file yang telah di hidden oleh virus akan dengan sendirinya terbuka. 

Warning :
Jangan lakukan cara diatas pada drive system yang biasanya terletak pada drive C, karena apabila anda melakukannya pada drive system, bisa mengakibatkan semua file yang seharusnya di hiddenoleh windows akan muncul, dan dapat mengakibatkan fatal error windows anda.

0 comments:

Post a Comment